Halaman

Rabu, 26 Maret 2014

Seputar Game

Definisi Game

Berbicara tentang game, game menurut saya adalah sebuah aktifitas untuk menghilangkan kebosanan dan bisa meningkatkan iq seseoranglah tapi jangan salah game juga bisa membuat candu dan merusak orang tersebut apabila gak bisa memanage waktu untuk bermain game, itu menurut definisi saya,
untuk definisi dari wikipedia sendiri hampir sama seperti saya yaitu "game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan 

Klasifikasi Game

Saat membicarakan klasifikasi game, umumnya kita mungkin akan membaginya berdasarkan platform (board game, card game, PC, mobile, konsol), genre (action, adventure, role-playing, strategy), atau tema (fantasi, sejarah, olahraga). Tapi ada juga klasifikasi lain lho gamers, yaitu berdasarkan tujuan penggunaannya.

Untuk apa saja sih tujuan penggunaan game? Ternyata tidak hanya sekedar fun. Game juga digunakan untuk keperluan lain dengan tujuan yang bisa dibilang serius. Ini dia klasifikasinya!
  • Game as Game
Jenis game yang satu ini adalah jenis game yang paling umum kita temui. Tujuan utama dari game jenis ini adalah kesenangan dan fun!
  • Game as Media
Jenis game as media punya tujuan utama yang berbeda dari jenis game as game, walau kadang juga tetap memiliki unsur fun. Tujuan utama dari game as media adalah untuk menyampaikan pesan tertentu, memanfaatkan game sebagai medium si pesan. Isi dan cara penyampaian pesan ini tergantung pada keinginan sang desainer game dan target yang dikejar.
  • Game Beyond Game
Terakhir adalah game beyond game, atau bisa disebut juga dengan istilah gamification. Gamification adalah penerapan konsep atau cara berpikir game design ke dalam lingkup non-game. Bentuk gamification sendiri pun biasanya tidak berupa game, misalnya sistem reward dari poin yang dikumpulkan dengan berbelanja, atau lainnya. Sama seperti serious game, gamification bisa diterapkan dalam beberapa bidang yang lebih umum seperti seni, pendidikan, jurnalisme, bisnis, dan lainnya.

Software Pembuat Game

bagi yang sedang bingung yang ingin membuat game nih saya akan bagikan daftar-daftar software pembuat game serta saya akan jabarkan kelebihan dari software tersebut simak baik-baik ya :
1.Game Maker
Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.
Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi
 yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
2.RPG Maker
Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).
Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .
Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
3.Macro media flash
Developer: Macromedia (Sekarang Adobe)
Difficulty: Easy
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
Perkembangan Industri Game Online di Indonesia sangat pesat. Mulai dari tahun 2010 yang lalu sudah diprediksi akan menghasilkan sekitar 400 game baru dari 42 pengembang yang sudah ada saat itu, kenyataannya saat ini di awal tahun 2013 terbukti sudah ada lebih dari 900 game yang dibuat dan dikembangkan oleh lebih dari 100 developer game.

Perkembangan Game Online

Perkembangan Game Online di Indonesia yang begitu pesat ini sayangnya masih belum mampu menyaingi industri Game Online di luar negeri. Salah satu permasalahan klasik yang dihadapi industri Game Online Nasional adalah proses pembuatan design game atau perancangan model game. Proses inilah yang merupakan proses yang sangat penting dalam perkembangannya karena desain game yang bagus akan menjadi media yang sangat efektif untuk berbagai bidang. Bukan hanya dalam hal hiburan, tetapi juga pendidikan, pemasaran, bisnis, maupun riset dan pengembangan. Sehingga Industri Game Online dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi indonesia

kalian sudah tau kan guys seputar games, nah saya bakalan recomendasiin nih game favorit admin mungkin agan-agan pada tau game super mario bros?
yah benar super mario adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri permainan video. Meskipun sering disalah persepsikan sebagai permainan platform bergulir (scrolling) pertama (yang pada kenyataannya paling tidak ada setengah lusin permainan serupa yang telah muncul sebelumnya), Super Mario Bros. bisa dianggap sebagai pelopor jenis permainan tersebut unruk media permainan konsol. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.

seperti itulah seputar game menurut saya kurang lebihnya mohon maaf, pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dikolom :))

source :http://bangkusekolah-id.blogspot.com/2013/04/perkembangan-industri-game-online-di.html
http://cyberzord-ex.blogspot.com/2012/09/4-software-canggih-pembuat-game.html
http://segitiga.net/blog/klasifikasi-game-dari-tujuan-penggunaan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar